Pages

30 January, 2012

Bromo: Menggigil di Ketinggian

Holaaa holaaa....welcome 2012..this would be my 1st post in 2012 hehehe....so loooonggg i didn't post here, Oke let me tell you about my last trip to Bromo...

Trip kali ini cukup challenging, pasalnya saya berangkat seorang diri dari Jogja ke Solo, kemudian lanjut Malang. Ini adalah trip ketiga kali yang saya ikuti dari forum backpacker indonesia. And FYI: yang spesial dan heboh, peserta tripnya adalah TUJUH PULUH onggok manusia Setelah mendapat satu teman yang sayangnya dia berangkat dari Solo, namanya mbak Ifa -seorang bidan-, kami janjian ketemuan di Stasiun Solo Jebres, karena KA Matarmaja tujuan Jkt-Malang tidak lewat Jogja. Pukul 8 malam diantar si Diemas saya berangkat menggunakan bus dari terminal Giwangan menuju stasiun Tirtonadi Solo. Saya sempat menjadi bahan umpatan si sopir karena terlambat turun dari bus saat bus berhenti di Terminal Tirtonadi. Selain terminal tersebut tidak ada papan namanya, saya baru saja bangun dari tidur, pun penumpang baru disebelah saya juga tidak informatif -..- errrr Belum lagi sesaat setelah turun di terminal keadaan mulain 'mencekam', secara saya berjalan seorang diri dan banyak orang menawari kendaraan disana-sini. Ada lagi seseorang yang menawari tumpangan pada saya, namun langsung dibalas oleh temannya,'' itu kan mbaknya yang tadi turun dari bus kebablasan''. Euuuh tau aja ini si bapak -..-

Saya sempatkan untuk duduk manis di kursi tunggu sebentar kemudian saya lanjutkan ke pintu depan terminal, disana saya sudah ditanyai mau kemana, ada angkutan ojek dan becak yang ongkosnya sama-sama 15ribu untuk tujuan ke Stasiun Solo Jebres. Nahh looo bedanya apa kemudian sodara?? saya putuskan untuk memilih becak. Pertama, jalannya pelan, kalo ada apa-apa saya langsung bisa anjlok turun dan lari. Kedua, biar ngulur waktu aja, karena kereta api baru turun di stasiun pukul 12.45, sedangkan saat itu baru pukul 10 malam -___-
       Sesampainya di stasiun saya gunakan waktu untuk baca buku. Kemudian saya bertemu dengan teman2 seperjalanan yang ternyata adalah orang2 Jogja. Mbak Ifa datang dengan 4 orang rombongan, kemudian kita lanjut perjalanan menuju Malang begitu kereta datang :)) sampai Malang kira2 pukul 9 pagi, kemudian kita lanjutkan sarapan yang sudah disediakan oleh penyelenggara. Trip pertama dimulai ke Air terjun Madakaripura, dengan lama perjalanan 3 jam. Menurut cerita Ari, pihak EO yanng juga menjadi teman sebangku saya, nama air terjun ini mempunyai arti Madakari (nama Gadjah Mada dalam bhs sansekerta) dan Pura berarti pura. Dan memang di area depan air terjun berdiri stupa Gadjah Mada. Tracking berlangsung -+ 20 menit dengan cuaca grimis rintik2.
Madakaripura waterfall
the gadjah mada

Kira-kira pukul 4 sore, perjalanan kami lanjutkan ke kawasan Bromo, dimana kemudian kami ditempatkan di homestay. Beuuuhhh belum sempat mandi apalagi ganti baju dari basah-basahan di air terjun (saran: bawa mantel/payung karena air terjun mengguyur langsung badan kita), saya dan teman tadi masih pakek baju basah pas otw ke Bromo. Dingggiiinnnn puoooolll pakek beuddhh dan cuaca berkabut disertai hujan grimis brrrrrr.... usai ditempatkan di homestay kami sempat mengisi perut dengan bakso dan acara dilanjutkan dengan acara kado silang. Saya membawa sekotak tempat pinsil dari anyaman apa lupa namanya, dan kemudian saya mendapatkan pemotong kuku :DD
      Kami harus bangun dini hari sebelum subuh bangun, untuk hunting sunrise yang ternyata tidaklah muncul grrrr....karena cuaca berkabut namun cukup cerah pada waktu berikutnya.Seusai turun dari tempat hunting sunrise, kami kemudian berkumpul di tanah lapang dan menyantap snack yang sudah disediakan, disana juga kita akan menunggu jeep yang akan mengangkut kami menuju kawah Bromo. Sayangnya, kawah Bromo saat itu sedang tidak mengeluarkan asap, antrian di tangga pengunjung juga cukup menyemut, namun ada juga yang melewati jalan shortcut yang langsung meluncur bebas atau mendaki. Tujuan akhir dari trip kali ini adalah padang bukit teletubbies yang keren dan heittsss bangeeeeetssss >,< berasa di Scotland atau Norway gethooohhh :DDD